Lestarikan Budaya Danrem 052/WKR Hadiri Festival Tang Che

Berita378 views

Kodam Jaya – Tangerang
-Brigjen TNI Rano Maxim Adolf Tilaar, S.E. Danrem 052/Wijayakrama bersama Wakil Walikota Tangerang Drs H Syahrudin menghadiri Peringatan Festival Tang Che di Kampung Tehyan Mekarsari, Neglasari, Tangerang Banten.
Rabu, 22 Desember 2021.
Di wilayah Neglasari Tangerang Etnis Tionghoa atau yang biasa di sebut China Benteng memiliki banyak adat dan tradisi yang cukup menarik, yang biasanya di peringati dipengujung tahun atau akhir tahun tepatnya pada tanggal 22 Desember Masehi atau menurut kalender penanggalan Imlek tanggal 28 Cap it Gwee, setiap keluarga memakan le yang di kenal dengan onde-onde dalam perayaan ini.
Thang Che adalah tradisi perayaan sebagai tanda terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas lindungan dan berkah Nya.
Bersama Wakil walikota Danrem 052/WKR ikut mengamankan dan memeriahkan jalannya acara tersebut. Dalam peringatan ini juga di gelar penampilan kesenian Budaya Leluhur dari Tionghua berupa Tari Cokek, Orhestra Tehyan, Mpe Goyang, Lomba Membuat Onde, Lomba Kebaya Encim.
Ditempat yang sama juga digelar Bazaar UMKM. Dalam kesempatan ini Brigjen TNI Rano Tilaar mendapat kehormatan untuk membuka acara sekaligus meninjau Bazaar UMKM Produk dari Tangerang.
Brigjen Rano juga Kagum karena masyarakat disini tidak melupakan sejarah ,walaupun bukan warga Jakarta masyarakat Tangerang Banten masih melestarikan budaya Betawi.
“Ini adalah wujud untuk melestarikan budaya”. tegasnya

Menurut Danrem 052/Wijayakrama Penyelenggaraan Festival Tang Che merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan nilai nilai budaya Tionghoa/China Benteng dalam rangka memperkuat budaya di wilayah ini, ungkapnya.
“Negara Indonesia kaya akan budaya yang unik dan perlu kita lestarikan “.imbuhnya.
Danrem juga menyempatkan untuk melihat produk UMKM yang digelar di sepanjang jalan tempat itu, sekaligus mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap memakai masker.

*Sumber Penrem 052/WKR*