Kodim 0503/JB Gelar Baksos Pembagian Sembako dan Perangkat Tani di Lahan Urban Farming Kampung Salo Wilayah Binaan Koramil 07/Kembangan

Berita65 views

Kodam Jaya, Jakarta Barat – Dalam rangka mewujudkan kepedulian TNI dengan rakyat dan mendukung Program Ketahanan Pangan, Kodim 0503/Jakarta Barat menggelar Bakti Sosial yang dipimpin oleh Dandim 0503/JB Letkol ES. Putra Siregar, S.I.P., yang dalam hal ini diwakili oleh Kasdim 0503/JB Letkol Inf Harry Ismail, S.I.P., dengan memberikan bantuan sosial berupa bingkisan sembako dan alat-alat kebutuhan tani urban farming kepada warga masyarakat dan Kelompok Tani GSG 07 yang merupakan binaan dari Koramil 07/Kembangan, bertempat di Lahan Urban Farming Kampung Salo, Jl. Kampung Salo RT.003/RW.07 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (19/3/2024).

Dalam sambutannya, Kasdim 0503/JB Letkol Inf Harry Ismail, S.I.P., mengatakan, “Yang pertama saya mengucapkan banyak terima kasih, daerah sini atau pertanian yang ada di lokasi ini. Kampung Salo menjadi percontohan untuk semua kodim di Jadetabek dan sekitarnya”.

“Dan disampaikan Bapak Panglima Kodam Jaya, saya mewakili Bapak Dandim Letkol Inf ES. Putra Siregar, S.I.P., dan mewakili Kodam Jaya, yang ada di sini yang sesuai dengan gambaran beliau, seperti ini lah. Bercocok tanam di lingkungan padat penduduk, seperti ini yang dimaksud oleh Kodam atau dimaksud oleh Bapak Panglima, seperti ini kondisinya”, ungkapnya.

“Kemudian ke depan, nanti akan ada rencana di minggu kedua bulan April akan ada rencana panen di sini. Entah panen sayur, panen ikan, apapun yang ada di sini diharapkan pada minggu kedua bulan April, habis lebaran panen banyak ucapan syukur dari Komando atas dalam hal ini Kodam Jaya”, jelas Kasdim.

“Kemudian berikutnya saya ada titipan pesan dari Komandan Kodim 0503/JB Letkol Inf ES Putra Siregar, S.I.P., agar supaya kelompok tani disini lebih guyub lagi. Lebih aktif lagi. Artinya perjuangannya berarti tidak sia-sia. Mungkin tidak semua kelompok tani di semua kecamatan yang ada di seluruh Jakarta Barat bisa guyub atau kompak. Tapi saya lihat di sini, wah luar biasa. Saya lihat di sini luar biasa lebih banyak ibu-ibunya di sini artinya tempat ini hidup dan terus dilanjutkan perjuangannya sebab kalau ini pecah atau tidak ada satu aja atau dua orang yang tidak aktif nanti akan tambah layu”, pungkas Kasdim.

“Kemudian yang paling terakhir, ya sekali lagi saya ucapkan rasa syukur, rasa bangga, dan rasa terima kasih yang tidak terhingga dari kami, dari Kodim, kemudian dari Kodam, atas penilaian yang maksimal ini, merupakan anugerah dari Tuhan YME yang bisa kita nikmati atas hasil kerja keras kita”, tutup Kasdim

Selanjutnya Kasdim 0503/JB Letkol Inf Harry Ismail, S.I.P., memberikan paket sembako secara simbolis kepada warga binaan Koramil 07/KB. Adapun isi paket sembako antara lain Beras 5 Kg, minyak 1 Kg dan Gula 1 Kg. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan perangkat keebutuhan Urban Farming antara lain kebutuhan Hidroponik yaitu Rox woll : 8, Net pot : 8 x 400 lubang, Selang Air : 50 M, Styrofoam : 30 lembar, Pompa Ukuran 1800 : 15, Nutrisi AB MIX : 15 Set x 115.000, Nutrisi KNo 3 putih : 10 bungkus uk 1 kg, Nutrisi Kno 3 Merah : 10 bungkus uk 1 kg, Antracool (pestisida) 45.000 serta Pakan Ikan Nila dan Lele : 5 karung. Dan ada beberapa ambahan alat yaitu Cangkul : 8 biji, Cring (Pacul Garukan) : 8 biji dan Batu Split : 1 Los bak. Dan terakhir penyerahan Kebutuhan Perkebunan untuk bibit Kangkung : 8 bungkus, Pakcoy : 8 bungkus, Cabe : 7 bungkus, Terong : 7 bungkus, Labu Madu : 30 Bungkus, Sekam : 40 karung dan Pupuk Kambing : 40 karung.

Turut hadir dalam kegiatan Baksos tersebut antara lain Danramil 07/Kembangan Mayor Kav Dwi Joko Purnomo, Pasiter Kodim 0503/JB Kapten Inf Irwan Triyono, Danunit 0503/JB Lettu Inf Cafareg Siagian, Batuud Pelda Suwarno, Perdonil Koramil 07/KB, LMK Bpk Suwandi, Karang taruna Bpk Dani, Ketua Rt 01- 08, Tokoh Masyarakat Bpk Jawono serta para warga setempat.

(Sumber Pendim 0503/JB