Home / Korem 052 Wijayakrama / Bamin Manwil pembina Upacara peringatan Hari Pahlawan di SMAN 3 Kab.Tangerang

Bamin Manwil pembina Upacara peringatan Hari Pahlawan di SMAN 3 Kab.Tangerang

curugBamin Manwil Koramil 07/Curug Kodim 0506/Tgr Pelda Jamsuri bertindak sebagai  Pembina Upacara pada  Peringatan Hari Pahlawan di SMA Negeri  3 Kab. Tangerang.Kamis.(10/11).

Pelda Jamsuri dalam amanatnya mengatakan  Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus L945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar. Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan”, melainkan “politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

lebih lanjut Pelda Jamsuri mengatakan Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental – karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.

Acara dihadiri oleh Kepala sekolah SMA Negeri 3 Kab. Tangerang, Dewan guru dan staf SMA Negeri 3 Kab. Tangerang, Alumni SMA Negeri 3 Kab. Tangerang ( Taruna / ni AKPOL)dan Seluruh siswa-siswi SMA Negeri 3 Kab. Tangerang.(Endang)