Home / Antisipasi Cluster Liburan Panjang, Koramil 04/KS Bersama Polres Kepulauan Seribu lakukan Rapid Tes Cepat di atas Kapal.

Antisipasi Cluster Liburan Panjang, Koramil 04/KS Bersama Polres Kepulauan Seribu lakukan Rapid Tes Cepat di atas Kapal.

Antisipasi Cluster Liburan Panjang Hari Natal dan perayaan Tahun Baru 2021, Koramil 04 KS Kodim 0502/JU, Bersama Polres Kepulauan Seribu kembali mengintensifkan Operasi Yustisi di Perairan Kepulauan Seribu dengan melakukan tes cepat (rapid test) terhadap para nelayan dan wisatawan lokal diatas Kapal Landing Craft Tank (LCT) Polairud, Jumat (25/12/20)

 

Kegiatan ini dimulai dengan apel petugas di Dermaga 16 Marina Ancol, yang dipimpin oleh Kasat Sabara Polres Kepulauan Seribu Iptu Andiyanto. Lalu dilanjutkan dengan penyisiran di perairan Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Kasat Binmas Kepulauan Seribu AKP Juhri dengan menggunakan dua kapal patroli.

 

Dalam keterangannya Dandim 0502/JU, Kolonel Inf Ronald Sumendap mengatakan untuk mengantisipasi adanya lonjakan penyebaran virus Covid-19 di liburan panjang natal dan tahun baru, hampir semua instansi baik pemerintah termasuk yang dilakukan oleh anggota Koramil 04/KS bersama Polres Kepulauan Seribu melalui operasi Yustisi dengan melakukan Test cepat (Rapid test) di perairan teluk Jakarta adalah dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 khususnya di Kepulauan Seribu

 

“Testing, tracing dan treatment (3T) terhadap Nelayan yang sedang mencari ikan dan kapal ojek Motor pengangkut wisatawan lokal perlu dilakukan, apabila nanti ada yang reaktif maka langsung akan kita lakukan pemeriksaan swab antigen. Kalau memang ada yang positif kita bawa ke wisma atlit untuk dilakukan karantina,” ungkap Kolonel Inf Ronald Sumendap

 

Lebih lanjut Dandim 0502/JU menjelaskan berdasarkan informasi dari Danramil 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola pada kesempatan ini tim Oprasi Yustisi mendapatkan KM. Loudry (kapal nelayan cumi) yang hendak pulang ke pelabuhan muara Angke,

 

Sejumlah 4 awak kapal dilakukan rapid test oleh petugas ditengah laut. Setelah dilakukannya rapid test tersebut. Ke-4 awak kapal tersebut dinyatakan non reaktif, dan dipersilahkan melanjutkan perjalanan kembali

 

Masih menambahkan, perburuan masih dilanjutkan di sekitar pantai wisata, saat di perairan Pulau Untung Jawa, ditemukan KM. Doa Ibu yang membawa pengunjung/Wisatawan lokal juga dilakukan Tes secara Acak, dari pemeriksaan acak terhadap ke 7 Penumpang tersebut dinyatakan Non Reaktif, selain itu para Babinsa juga selalu menghimbau agar masyarakat tetap menerapkan standar protokol kesehatan, tetap jalankan 3 M.

 

“Alhamdulillah dari hasil keseluruhan pemeriksaan tim medis di Perairan Kepulauan Seribu ini sebanyak 11 orang, terdiri dari 4 Awak kapal nelayan dan 7 dari Wisatawan lokal, dinyatakan sehat semua,” Pungkasnya.