Home / Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil-05/Cilincing Turut Andil Dalam Grebek Sampah

Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil-05/Cilincing Turut Andil Dalam Grebek Sampah

Jakarta Utara – Memasuki musim penghujan tahun 2020 ini, Koramil-05/Cilincing Kodim 0502/JU telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menghadapi banjir. Maklum, beberapa kawasan di Cilincing merupakan salah satu kawasan langganan banjir.

 

Salah satunya, bersama warga, PPSU dan SDA melaksanakan grebek sampah di saluran air sepanjang perumahan Grand Garden Rt.01/01 Kel. Rorotan Kec. Cilincing, Sabtu (24/10/2020).

 

Danramil-05/Cilincing Mayor Kav Dwi Joko Purnomo mengatakan anggotanya akan membantu secara maksimal upaya untuk meminimalisir terjadinya banjir diwilayahnya dengan berbagai cara seperti pembersihan sampah di aliran sungai serta penyiapan sarana dan prasarana apabila terjadi kemungkinan terburuk selama musim hujan .

 

” Diwilayah kami terdapat beberapa wilayah yang menjadi langganan banjir dengan ketinggian diatas 1 meter seperti Kp. Sepat, Kp. Sawah dan Kp. Rawa Indah, dengan pembersihan saluran air dapat memfungsikan kembali daerah resapan, harapanya nantinya genangan air dapat segera surut sehingga warga yang berada di kawasan langganan banjir tidak was-was,”imbuhnya.

 

Sementara itu Babinsa Rorotan Serda Sutrisno yang terjun secara langsung mengatakan, aliran sungai tersebut sudah lama tidak dibersihkan sehingga terjadi pendangkalan oleh sampah dan lumpur.

 

Kami berharap kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di saluran air agar tidak terjadi luapan air kerumah penduduk saat musim hujan,” kita masih belum selesai menghadapi Pandemi Covid-19, jangan sampai banjir menjadi cluster baru penyebaran Covid-19 diwilayah kita,” ujar Sutrisno.# Penrem 052/Wkr.