Home / Korem 052 Wijayakrama / Korem 052/WKR, Gelar Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

Korem 052/WKR, Gelar Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

Korem 052/Wkr,Staf Teritorial Korem 052/Wkr menyelenggarakan kegiatan pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat bertempat diaula Makorem 052/Wkr Jl. Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci Tangerang.Jum’at 7/8/2018.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pasiter Kodim jajaran Korem 052/Wkr serta perwakilan BKPRD (Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah) sewilayah Korem 052/Wkr.

Danrem 052/Wkr Kolonel Kav Agustinus Purboyo S.I.P.,dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasiops Korem 052/Wkr menyampaikan bahwa Dalam mengemban amanah UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat.

Berkaitan dengan tugas tersebut TNI berkepentingan dalam mempersiapkan Sistem Pertahanan Semesta atau Sishanta yang digunakan bangsa Indonesia bertumpu pada kekuatan TNI sebagai komponen utama.

Selain itu juga mempersiapkan sumber daya nasional sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung. Dalam hal upaya meningkatkan potensi sumber daya nasional menjadi kekuatan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh, maka perlu dilakukan pembinaan teritorial yang melibatkan seluruh komponen bangsa. Salah satu kegiatan untuk mewujudkannya adalah dengan Komunikasi Sosial, Bhakti TNI dan pembinaan Perlawanan Wilayah.

Berkaitan dengan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat, setiap Prajurit Satuan Komando Kewilayahan diharapkan mempunyai kualitas pengetahuan dan keterampilan teknis yang dapat diandalkan, diantaranya mampu memahami dan mengimplementasikan Lima Kemampuan Teritorial serta mampu mewujudkan Komunikasi Sosial yang merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial dan merupakan sarana untuk mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi antara TNI dengan seluruh komponen bangsa termasuk aparat pemerintah, adalah dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat.

Komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Aparat Pemerintah perlu dijaga dan terus ditingkatkan, sehingga tumbuh kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial.

Untuk itu, agar pelaksanaan kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, maka setiap Prajurit TNI AD harus selalu memahami tentang pokok-pokok penyelenggaraan kegiatan komunikasi sosial tersebut, dengan harapan pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan.

Dengan adanya Kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat tersebut, para peserta diharapkan mampu menerima dan melaksanakan kegiatan Binter di lapangan, sehingga seluruh Satuan Komando Kewilayahan dan satuan non Kowil mengetahui serta memiliki pemahaman, langkah dan tindakan yang sama tentang bagaimana penyelenggaraan Pembinaan Teritorial, selanjutnya diharapkan Pembinaan Teritorial dapat dilaksanakan dengan benar oleh setiap prajurit di lapangan.

Saya berharap, semua upaya untuk meningkatkan SDM Prajurit harus kita respons dengan semangat positif untuk berubah dan terus maju, dan untuk dijadikan bahan perbaikan guna peningkatan kemampuan Pembinaan Teritorial ke depan. Manfaatkan sarana dan prasarana yang ada terutama kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sarana informasi lain yang dapat digunakan dalam mendu­kung peningkatan kemampuan prajurit.

Kepada seluruh peserta agar memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin dengan cara mendengarkan, memperhatikan dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti sehingga nantinya materi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat ini benar-benar dapat dipahami dan diaplikasikan di lapangan serta mampu menyebarluaskan hasil pembinaan kepada seluruh prajurit di satuannya masing-masing.

About uje