Home / Korem 052 Wijayakrama / DANREM 052/WKR SOSIALISASI PANCASILA KEPADA WARGA KAMPUNG PEMULUNG

DANREM 052/WKR SOSIALISASI PANCASILA KEPADA WARGA KAMPUNG PEMULUNG

Komandan Korem 052/Wkr Kolonel Kav. Agustinus Purboyo didampingi Komandan Kodim 0506/ Tgr lekol Inf M I Gogor A. A melaksanakan sosialisasi Pancasila kepada warga di Kampung Pemulung  di Mushola Nurul Hidayah Gang Zaman RT 03/0, Kelurahan Jurang Mangu Barat Kecamatan, Pondok Aren Kota Tangsel, Jumat (1/6/2018).

Kegiatan Sosialisasi ini mengambil tema PANCASILA DARI KITA, OLEH KITA, UNTUK KITA.

Dalam keterangannya  Danrem 052/Wkr  Kolonel Kav Agustinus Purboyo menyampaikan di saat  saya menjadi inspektur upacara di Korem, saya membacakan amanat Presiden RI, kita harus berterima kasih kepada pendiri bangsa, karena di Indonesia tidak ada dominasi mayoritas terhadap minoritas, justru yg mayoritas merangkul minoritas sebagai bagian dari Indonesia.

Di katakan lagi oleh Kolonel Kav Agustinus Purboyo, 1Juni adalah hari lahirnya Pancasila yang di sampaikan oleh Ir. Soekarno dan tidak lama adanya Piagam Jakarta, dengan adanya perbedaan bukan menjadi suatu masalah tetapi merupakan pereket dan keunikan untuk saling mempererat keberagaman yang berada di Indonesia.

Di tambahkan lagi oleh Dantem 062/Wkr, di saat saya bertugas di PBB, di sana saya di tanya tentang Indonesia, bahwa luas Indonesia hampir sama dengan negara eropa yang mana terdiri dari beberapa negara bagian, tapi hanya di Indonesia yang hanya satu negara.

Sementara itu Wakil Walikota Tangsel  Benyamin mengatakan
Pemerintah Kota sedang berupaya meningkatkan pembangunan dimana untuk menumbuhkan nilai nilai pancasila.

Untuk pramuka harus tetap meningkat nilai nilai Pancasila, dan pemerintah kota sedang menggalakan dalam bentuk pembangunan yg mana tidak melenceng dari nilai Pancasila.

Sedangkan  Guru PPKN SMK Yadika 5, Anisa Susan mengatakan, dengan lahirnya Pancasila yang di bacakan oleh Ir.  Soekarno, merupakan sebagai ideologi bangsa Indonesia, dengan adanya Ideologi  Pancasila tidak ada lagi ideologi Komunisme,  liberal atau ideologi  agama.

Indonesia pernah di uji dengan adanya pemberontakan 2 kali oleh Komunitas yg ingin merubah Pancasila menjadi ideologi Komunis,  akan tetapi semua bisa di tumpas oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Rakyat , apakah  Komunis  akan datang lagi,  itu bisa saja kalau kita lengah dan tidak mengamalkan nilai nilai Pancasila.

Dalam kegiatan sosialisasi Pancasila  di kampung Pemulung, selain itu diadakan Kampanye Program Satria oleh Dandim 0506/Tgr. Letkol Inf M.I Gogor A.A.

Menurut Dandim 0506/Tgr Letkol M.I Gogor A.A yang mendampingi Komandan Korem 052/ Wijayakrama menyampikan  Program Satria ini adalah kepanjangan (S) Siskamling  (A)Anti (T)Terorisme, (R) Radikalisme, untuk Ibu Kota (A) Aman.

Dengan adanya program ini Dandim 0506/Tgr mengajak warga di kampung Pemulung,
kita aplikasikan program SATRIA dengan cara,  mengaktifkan kembali sistem Ronda Swakarsa,  menghidupkan kembali organisasi komunikasi lingkungan agar masyarakat bisa melaporkan secara cepat tentang situasi terkini secara cepat, selain itu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam mengambil keputusan bersama. Dan saling kenal, tegur sapa dengan tetangga di lingkungan terdekat, serta hidupkan kembali wajib lapor 1×24 jam kepeda RT dan RW setempat.

About uje